Friday, June 1, 2018

8 Mitos dan Kesalahpahaman Tentang Hipnotis

8 Mitos dan Kesalahpahaman Tentang Hipnotis

Apakah Anda sedang belajar bagaimana menjadi seorang hipnotis atau berpikir tentang pergi ke ahli hipnotis / hipnoterapi untuk bantuan, penting untuk memiliki gagasan yang jelas tentang apa hipnosis dan apa yang tidak. Mengapa?

Nah, sejauh menjadi seorang ahli hipnotis yang bersangkutan, Anda harus mampu memadamkan ketakutan orang tentang dihipnotis. Banyak orang memiliki kesalahpahaman umum tentang hipnosis yang dipicu oleh film (pikirkan Manchurian Candidate), pertunjukan hipnosis panggung dan komedi, dan berbagai bentuk media lainnya. Kesalahpahaman ini dapat menyebabkan orang menolak masuk ke hipnosis. Ketika Anda, sebagai ahli hipnotis, menghapuskan kesalahpahaman ini, Anda akan meningkatkan peluang Anda untuk menghipnotis klien / subjek Anda dengan sukses!

Sekarang sejauh orang yang menjalani hipnosis, memiliki kesalahpahaman tentang hipnosis dapat mengurangi peluang Anda untuk menerima manfaat penuh hipnosis, karena Anda cenderung menolak masuk ke hipnosis. Ketika Anda mendapatkan kesalahpahaman itu, Anda dapat bersantai dan menikmati proses ketika Anda memasuki hipnosis, dan Anda akan menerima manfaat penuh yang ditawarkan hipnosis kepada Anda.

Untuk membantu hipnotis dan orang yang dihipnotis sama, saya telah memasukkan delapan kesalahpahaman yang paling umum dan mitos tentang hipnosis di bawah ini dengan penjelasan tentang kebenaran tentang hipnosis.

1. The Good, the Bad, the Ugly Hypnosis.

Mari kita hadapi itu, semua hipnosis tidak sama. Jangan tertipu. Ada hipnosis yang baik, buruk, dan begitu-begitu. Itu semua tergantung pada bagaimana hal itu dilakukan dan siapa yang melakukannya. Bentuk hipnosis terbaik dilakukan oleh ahli hipnotis / hipnoterapis terampil yang memiliki landasan prinsip-prinsip psikologis terbukti yang baik untuk membantu Anda mendapatkan apa yang paling Anda butuhkan secara efektif.

Benar-benar ada beban omong kosong di dunia hipnosis hari ini. Di dunia sekarang ini, orang belajar lebih banyak dan lebih banyak untuk berpikir untuk diri mereka sendiri dan tidak suka diberi tahu apa yang harus dilakukan. Semua barang "veddy, veddy mengantuk" tua itu sudah ketinggalan jaman dan tidak efektif. Syukurlah bahwa sains dan psikologi (serta banyak hipnotis besar) telah meningkatkan hipnosis ke dataran yang jauh lebih tinggi hari ini. Meskipun saya masih berpikir ada beberapa nilai besar dalam hipnotis langsung (dalam situasi tertentu), perasaan pribadi saya adalah bahwa hipnosis tidak langsung / percakapan adalah, sejauh ini, pada "tepi pisau cukur" sejauh efektivitas dan up to date.

Juga, berhati-hatilah dan pegang dompet Anda karena ada banyak penjual hipnosis yang menjual produk "minyak ular hipnotis" seperti pesan subliminal tingkat rendah dan barang-barang spiritualitas semu ("Anda sekarang sepenuhnya utuh karena Anda 'satu' dengan alam semesta."). Jangan salah paham, saya tidak menentang semua pesan subliminal, dan saya berpikir bahwa hipnosis dapat digunakan dalam kombinasi dengan spiritualitas. Saya hanya mengatakan bahwa ada banyak sekali penipu di luar sana yang bersedia menjual apa pun atas nama hipnosis nyata. Banyak dari orang-orang ini tidak memiliki pengalaman nyata dan pelatihan dalam hipnosis sama sekali!

2. Hanya orang yang lemah mental dapat terhipnotis / saya tidak bisa terhipnotis.

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa orang "pintar" tidak bisa terhipnotis. Bagian dari alasan di balik mitos ini hanyalah sekadar hipnotis lama, buruk, seperti yang saya sebutkan di atas. Orang-orang tidak suka diperintah dan mengatakan hal-hal seperti, "Matamu SANGAT berat sehingga kau TIDAK BISA membuka matamu!" sementara mereka berpikir untuk diri mereka sendiri, "Oh, YA SAYA BISA!" Kebanyakan orang tidak menemukan hal-hal semacam itu menjadi sangat menyenangkan dan mereka tidak melakukan hipnosis. Sesederhana itu.

Di sisi lain, ketika Anda benar-benar mendapatkan pengalaman yang terampil dan lembut diarahkan ke keadaan relaksasi dan fokus yang mendalam, Anda akan menyadari bahwa Anda dapat, pada kenyataannya, terhipnotis. Pada kenyataannya, siapa pun dengan kemampuan mental yang kuat dan kecerdasan yang masuk akal dapat dihipnotis. Sejujurnya, pengalaman menunjukkan bahwa orang yang cerdas dan memiliki pikiran kreatif membuat subjek / klien hipnosis terbaik karena mereka dapat "berpikir di luar kotak" dan tidak membatasi imajinasi mereka tentang apa yang mungkin bagi mereka.

3. Hipnotis bukan kendali pikiran / Anda bukan boneka hipnotis.

Satu-satunya orang yang memiliki kendali mutlak atas pikiran Anda adalah Anda. Seorang ahli hipnotis tidak dapat membuat Anda melakukan sesuatu yang tidak ingin Anda lakukan. Aneh berita, hipnotis panggung, dan orang-orang yang tidak tahu banyak tentang hipnosis telah mempromosikan mitos ini terlalu lama.

Yang sedang berkata, seseorang dapat menggunakan teknik hipnosis dan persuasi (baik untuk tujuan baik dan buruk) untuk menyebabkan orang lain menjadi lebih bersedia untuk melakukan apa yang mereka katakan dan menerima saran mereka. Pada akhirnya, meskipun, setiap orang memiliki kekuatan untuk membuat keputusan sendiri (bahkan di bawah hipnosis). Seorang ahli hipnotis tidak bisamemaksa siapa pun melakukan apa pun bertentangan dengan keinginannya (termasuk melawan moral mereka) kecuali sudah bersedia melakukannya di tempat pertama.

Secara umum, ahli hipnotis berfungsi sebagai panduan untuk mengarahkan Anda ke keadaan yang santai dan terfokus dan menggunakan teknik hipnosis psikologis yang sehat untuk membantu Anda melakukan perubahan atau mengalami hal-hal tertentu yang ingin Anda alami.

4. Hipnosis tidak tidur.

Orang yang mencoba hipnosis untuk pertama kalinya sering keluar darinya sedikit kecewa karena mitos ini. Mereka mengatakan hal-hal seperti, "Saya bisa mendengar semua yang Anda katakan" atau "Saya merasa seperti saya bisa membuka mata saya dan berjalan keluar jika saya mau." Kenyataannya, ketika Anda berada dalam hipnosis, Anda dapat menyadari semua hal yang terjadi di sekitar Anda.

Dalam hipnosis, Anda benar-benar santai dan sangat fokus. Ketika Anda tidur, kemampuan sadar Anda tampaknya menghilang untuk sementara waktu. Ketika Anda bangun, mereka tampaknya kembali kepada Anda. Hipnosis adalah semacam "jalan tengah" antara dua kondisi kesadaran ini. Ini tidak sama dengan ketika Anda tertidur, juga tidak sama seperti ketika Anda terjaga.

Salah satu penyebab di balik kesalahpahaman ini adalah bahwa hipnotis sering menggunakan kata "TIDUR!" sebagai perintah untuk membuat seseorang menjadi hipnosis. Ini karena tidur digunakan sebagai metafora untuk membantu seseorang masuk ke hipnosis. Saya akan mengajari Anda lebih banyak tentang metafor hipnosis di artikel-artikel selanjutnya.

5. Anda tidak bisa "terjebak" dalam hipnosis.

Tidak ada yang pernah terjebak dalam hipnosis. Satu-satunya alasan seseorang akan tetap dalam hipnosis adalah karena rasanya fantastis untuk menjadi begitu rileks dan terfokus. Beberapa orang tidak ingin keluar dari hipnosis karena mereka tidak ingin perasaan itu pergi. Hal terburuk yang akan terjadi jika hipnotis pergi atau tiba-tiba mati ketika orang itu sedang hipnosis adalah bahwa orang yang terhipnotis kemungkinan besar akan tertidur dan bangun dengan perasaan benar-benar baik.

6. Hipnosis bukan amnesia.

Anda tidak akan melupakan semua yang terjadi saat Anda berada dalam hipnosis. Ingat, hipnosis bukan tidur. Anda tidak pingsan saat berada dalam hipnosis. Anda sangat santai dan sangat fokus. Sekarang, seorang ahli hipnotis dapat menyarankan bahwa seseorang melupakan semua yang dikatakan selama sesi hipnosis, sehingga orang tersebut tidak mengingatnya. Namun, sebagai aturan umum, orang cenderung mengingat semua yang terjadi saat berada dalam hipnosis.

7. Anda tidak akan mengungkapkan rahasia gelap dan mendalam Anda dalam hipnosis.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, Anda mengendalikan pikiran Anda sendiri dan akan bahkan ketika Anda berada dalam hipnosis. Anda tidak akan mengungkapkan apa pun yang Anda tidak ingin orang lain tahu kecuali Anda menginginkannya. Hipnosis dapat, bagaimanapun, digunakan sebagai cara untuk membantu orang mengeksplorasi dan menangani hal-hal yang biasanya tidak ingin mereka bicarakan dalam keadaan normal. Ini selalu dilakukan dengan persetujuan orang dan biasanya dalam konteks hipnoterapi.

8. Anda tidak akan menjadi orang lain.

Anda akan selalu menjadi Anda ketika Anda berada dalam hipnosis. Dikatakan demikian, seorang hipnotis dapat menggunakan hipnosis untuk membantu orang lain mengeksplorasi seperti apa rasanya "menjadi" orang lain. Ini biasanya dilakukan agar subjek / klien dapat mengalami seperti apa rasanya memiliki sifat-sifat yang "menjadi" mereka miliki (misalnya, kepercayaan diri). Orang yang terhipnotis kemudian dapat membawa sifat ini kembali dengan mereka ke dalam kepribadian mereka sendiri ketika mereka keluar dari berada di hipnosis. (Saya akan mengajari Anda teknik-teknik untuk menimbulkan fenomena hipnotis ini di artikel selanjutnya)

Nah, jika Anda ingin dihipnotis, saya harap ini akan menghapus semua kesalahpahaman yang mungkin Anda miliki tentang hipnosis. Jika Anda seorang ahli hipnosis, kini Anda memiliki jawaban untuk memberi orang-orang untuk membantu meredakan ketakutan mereka dan menjernihkan kesalahpahaman mereka. Semoga ini membantu!

referensi:
http://sukahipnotis.blogspot.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Hipnosis

No comments:

Post a Comment