Thursday, June 7, 2018

Hipnotis terjelaskan (Membongkar Mitos)


Hipnotis terjelaskan (Membongkar Mitos)

Hipnosis adalah fenomena psikologis yang sangat sederhana dan mudah dijelaskan - namun sering salah digambarkan sebagai semacam sihir hitam atau mistisisme palsu. Kurangnya representasi yang adil membuat banyak orang membuang "hikmat hipnosis" di samping sebagai fantasi belaka atau omong kosong; dan mereka yang telah terhipnotis biasanya kita anggap sebagai orang yang berpikiran lemah atau mudah tertipu. Namun pada kenyataannya tidak ada yang benar.

Saya berharap untuk mengambil beberapa menit singkat dari waktu Anda untuk menghilangkan prasangka beberapa mitos-mitos seputar hipnosis dan mudah-mudahan meninggalkan Anda dengan pemahaman yang lebih jelas tentang apa sebenarnya fenomena ini.
Sebelum saya melanjutkan dengan membongkar mitos-mitos ini, izinkan saya memberi definisi singkat tentang apa yang saya yakini benar-benar hipnosis:

Hipnosis adalah seperangkat teknik komunikasi yang efektif (seringkali melalui penggunaan "saran" langsung atau tidak langsung) untuk membentuk keyakinan, sikap, pikiran, dan perilaku seseorang.

Terlepas dari definisi yang terdengar luas ini, inilah arti hipnosis. Sekarang mari kita mulai.

MITOS 1: Hipnosis adalah keadaan kesadaran

Hipnosis sama sekali tidak berhubungan dengan keadaan kesadaran tertentu. Alasan orang mengacaukan hipnosis sebagai keadaan kesadaran adalah karena kita sering mengasosiasikan teknik hipnosis sebagai mengarah ke keadaan setengah tidur dan setengah bangun. Kami membayangkan pasien berbaring di sofa kulit dengan mata tertutup dan kesadaran mereka menghadap ke dalam ke "bawah sadar" mereka. Tetapi faktanya adalah hipnosis dapat digunakan untuk memperluas kesadaran sama efektifnya seperti yang dapat digunakan untuk mengontrak kesadaran.

Contoh sempurna hipnotis yang beroperasi pada kesadaran "normal" adalah hipnosis tahap. Ketika seorang peserta menggertak seperti ayam, atau bertingkah laku di Saving Private Ryan - itu bukan berarti individu tidak sadar dan ditarik oleh string-nya seperti boneka boneka - mereka hanya dalam situasi di mana mereka merasa nyaman bertindak perilaku keluar yang biasanya tidak akan mereka lakukan di depan orang banyak. Mereka tidak "dikendalikan" oleh hipnotis - mereka hanya dikomunikasikan dengan sangat efektif. Para peserta kehendak bebas masih tidak bijaksana sepanjang seluruh sesi. Seorang peserta dapat membawa dirinya keluar dari hipnosis kapan pun mereka memilih, tetapi mengapa mereka ketika mereka bersenang-senang bermain pura-pura?

MITOS 2: Semua hipnosis adalah "pura-pura bermain."

Selama tahap hipnosis, peserta sangat menyadari bahwa mereka sebenarnya bukan seekor ayam atau bahwa mereka sebenarnya tidak ada dalam film. Mereka tahu mereka bertindak (kebetulan hipnosis dapat membuat orang menjadi aktor yang baik).

Tetapi tidak semua hipnosis dapat dianggap "bermain pura-pura." Itu tergantung pada sifat dari saran yang diberikan. Jika saran adalah "keok seperti ayam" maka pasien akan memerankannya. Jika sarannya adalah "pikirkan waktu di masa lalu Anda di mana Anda merasa benar-benar percaya diri" - yang tidak berpura-pura - pasien benar-benar memikirkannya dan mengasosiasikan diri mereka sendiri pada saat itu di mana mereka benar-benar percaya diri.

Saya setuju dengan hipnotis yang percaya bahwa semua hipnosis adalah self-hypnosis. Ini berarti bahwa seorang ahli hipnosis biasanya tidak dapat menipu seseorang untuk melakukan sesuatu yang bertentangan dengan keinginannya sendiri. Selalu ada kepatuhan pada kedua sisi interaksi. Satu-satunya perbedaan adalah hipnotis dapat membangkitkan perilaku yang tidak biasa atau tidak biasa jika mereka menemukan modus komunikasi yang tepat.

MITOS 3: Penelitian ilmiah menyatakan bahwa hanya 5% dari populasi yang dapat dibuktikan dengan hipnosis.

Hal ini sebagian benar: studi ilmiah sering mengklaim bahwa hanya 5-10% dari populasi yang disarankan untuk hipnosis. Tapi studi ini sebagian besar cacat karena peneliti hanya menguji peserta dengan induksi hipnosis umum dan skrip hipnosis generik. Hipnosis tidak bekerja dalam satu ukuran yang cocok untuk semua jenis cara (karena efektivitasnya berasal dari penggunaan hubungan pribadi dan unik kita sendiri dan pemahaman bahasa) ...

Seorang ahli hipnotis sejati memiliki kemampuan untuk membaca pasiennya, menyimpang dari skrip generik, dan menemukan bahasa yang paling dapat dibisikkan kepada pasien itu.

Bahkan ada teknik dalam NLP (Pemrograman Neurolinguistik - sebuah praktik yang dapat dianggap "hipnosis modern") yang memungkinkan praktisi NLP untuk menemukan kecenderungan bahasa seseorang (kadang-kadang disebut sebagai "kata trance" atau "kata kunci") hanya dengan meminta pasien serangkaian pertanyaan.

Dengan kata lain, dengan hipnotis yang tepat dan komunikasi yang benar - siapa pun dapat dibuktikan dengan hipnosis.

MITOS 4: Hipnosis mirip dengan meditasi

Ini adalah kesalahpahaman umum. Sekali lagi - hipnosis adalah seperangkat teknik komunikasi, sementarameditasi adalah praktik yang lebih spesifik yang lebih terkait dengan keadaan kesadaran atau kesadaran seseorang.
Namun seseorang dapat menggunakan teknik hipnosis untuk membantu praktik meditasi. Apa yang sering disebut "Dipandu Meditasi" dapat dianggap sebagai bentuk hipnosis, dan orang juga bisa menggunakan tingkat self-hypnosis (yang berarti tidak ada bimbingan pihak ketiga) untuk memperluas atau mengontrak kesadaran ke dalam keadaan meditasi tertentu.

Tapi sekali lagi, hipnosis bukan tentang kondisi mental pribadi - ini tentang ekspresi ide atau saran.

Kadang-kadang, keadaan mental tertentu dapat lebih kondusif untuk belajar. Itulah mengapa seringkali hipnoterapis memilih untuk menempatkan pasien mereka dalam keadaan rileks sebelum masuk ke bagian terbesar dari sesi mereka. Orang yang santai umumnya merasa lebih segar, dapat berkonsentrasi lebih banyak, meningkatkan kemampuan kognitif mereka, dan karena itu lebih cepat belajar.

Namun, penghipnotis panggung tidak ingin menempatkan partisipan mereka dalam keadaan santai. Itu akan menjadi pertunjukan yang membosankan. Sebaliknya, mereka biasanya ingin menanamkan kegembiraan atau rasa petualangan - mirip dengan suasana hati seorang anak.

MITOS 5: Hipnosis Jalan Raya

Highway hypnosis, sebagaimana didefinisikan oleh Wikipedia, mengatakan,

Jalan raya hipnosis adalah keadaan mental di mana orang dapat mengendarai truk atau mobil dengan jarak yang jauh, menanggapi peristiwa eksternal dengan cara yang diharapkan tanpa ingat pernah melakukannya secara sadar. Dalam keadaan ini pikiran sadar pengemudi tampaknya sepenuhnya terfokus di tempat lain, dengan pemrosesan langsung dari massa informasi yang dibutuhkan untuk mengemudi dengan aman. 'Highway Hypnosis' hanyalah salah satu manifestasi dari pengalaman yang relatif lumrah, secara teoritis di mana pikiran sadar dan bawah sadar tampak berkonsentrasi pada hal-hal yang berbeda; pekerja yang melakukan tugas-tugas sederhana dan berulang-ulang dan orang-orang yang kurang tidur cenderung mengalami gejala serupa. Oleh karena itu, ini semacam "mode mengemudi" bawah sadar.

Sekali lagi, Anda mungkin sudah bisa menebak apa yang salah dengan definisi ini: hipnosis bukanlah kondisi mental!
Highway hypnosis adalah keadaan trance (ini merupakan pergeseran dari kesadaran "sehari-hari"). Tidak ada komunikasi yang terjadi, dan karena itu - tidak ada hipnosis. Keadaan trance lain yang mirip (dan sama alami) adalah ketika Anda begitu asyik dengan film yang Anda lacak waktu.

Sangat mudah untuk melihat bagaimana keadaan ini dapat dibingungkan dengan hipnosis karena hipnosis biasanya suka mereplikasi keadaan trance ini untuk meningkatkan sugestibilitas (tetapi ingat: jika tidak ada saran yang dikomunikasikan - maka itu bukan hipnosis).

MITOS 6: Hipnosis bukanlah katalis nyata untuk perubahan fisik atau kimia dalam tubuh.

Sebenarnya bahkan hanya untuk fakta sederhana bahwa otak terdiri dari elektro-kimia yang disebut neuron yang menembak antara 50-200 kali per detik membuat apa pun menjadi katalis potensial untuk perubahan kimia dalam tubuh. Yang perlu kita lakukan hanyalah memikirkan sesuatu dan kimia otak kita diubah.

Tapi lebih praktis orang ingin tahu apakah hipnosis benar-benar dapat mengakibatkan perubahan tubuh seperti peningkatan / penurunan berat badan, pembentukan otot, atau bahkan peningkatan ukuran payudara / penis. Biasanya, jawabannya adalah "ya, sampai batas tertentu" untuk semua pertanyaan ini.

Hipnosis tidak bisa membuat tubuh Anda jadi sesuatu yang belum mampu melakukannya secara alami. Tapi hipnosis telah terbukti membantu membimbing tubuh melalui perubahan tertentu melalui penggunaan saran untuk kedua perubahan perilaku (seperti makan lebih sedikit, motivasi untuk pergi ke gym) dan bahkan perubahan langsung dalam tubuh (perubahan dalam metabolisme, waktu yang dibutuhkan otot untuk memperbaiki, dan bahkan ada kasus peningkatan penglihatan, dan ya, pertumbuhan ukuran penis dan payudara - hipnosis telah terbukti sangat baik dengan mengarahkan perubahan substansial dalam jaringan lunak).

Ingat: hipnosis sangat membantu dalam membuat perubahan terhadap potensi maksimum tubuh - hipnotis tidak memungkinkan Anda untuk melampaui disposisi biologis Anda melalui beberapa "mode mistik." Meskipun ada peluang baik, hipnosis akan mengungkapkan hal-hal tentang tubuh Anda yang sebelumnya tidak Anda sadari.

MITOS 7: Anda tidak boleh mencoba hipnosis tanpa hipnotis atau hipnoterapis terlatih.

Kebanyakan ahli hipnosis dan hipnoterapis terlatih akan mengatakan kepada Anda bahwa Anda harus selalu mencari seorang profesional. Tapi itu akan menjadi munafik bagi saya untuk mengatakan Anda harus melakukan ini karena saya benar-benar otodidak. Bahkan, saya percaya setiap orang harus mengajar diri mereka sendiri sedikit hipnosis sehingga mereka dapat memeriksa dan melihat potensi untuk diri mereka sendiri.

Hypnosis adalah fenomena alam - itu adalah hak alami Anda untuk menjelajahinya dan juga menjelajahi pikiran / tubuh secara keseluruhan. Adabanyak buku, podcast, dan video untuk memulai dengan berlatih hipnosis - bereksperimen dengan sebanyak yang Anda inginkan, rasakan perbedaan dalam teknik, dan mulailah menemukan prinsip-prinsip dasar dari apa yang membuat hipnotis fleksibel dan efektif.

Saya akan merekomendasikan Anda memulai dengan berlatih teknik self-hypnosis. Tidak ada yang terlalu maju. Cukup berlatih mendorong diri Anda melalui sugesti hipnosis menuju keadaan relaksasi atau trans ringan.

Anda juga dapat berlatih dengan membaca skrip umum kepada teman atau anggota keluarga dan meminta mereka membaca beberapa untuk Anda juga. Mereka bukanlah hal yang paling efektif di dunia tetapi biasanya membuat mereka tidak berbahaya dan mudah untuk dilatih.

Cari skrip hipnosis gratis di Google dan lihat beberapa skrip sederhana untuk hal-hal seperti "Keyakinan" atau "Relaksasi."

Jangan terlalu awal mempelajari studi Anda dengan serius, cukup rasakan berbagai tahap sesi hipnosis: induksi, skrip, cara keluar dari sesi dengan tepat.

Hipnosis biasanya membangkitkan pengalaman yang menyenangkan, tetapi terkadang hal-hal menjadi serba salah. Akrab dengan cara mengakhiri sesi dengan cepat jika Anda menemukan diri Anda mengarahkan jalan yang buruk, terutama sebelum Anda terjun ke beberapa teknik yang lebih maju seperti penyesuaian dalam sistem kepercayaan kami atau dasar-dasar karakter kami.

Saya harap ini memberi Anda gambaran yang lebih jelas tentang apa sebenarnya hal hipnotis ini.

baca juga:


No comments:

Post a Comment